Langkah Mudah Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Bulan

BUDIDAYA BUNGA ANGGREK.jpgCARA MENANAM DAN MERAWAT BUNGA ANGGREK

A. Media Tanam
Secara umum, media tumbuh harus dapat menjaga kelembaban di sekitar akar, menyediakan cukup udara dan dapat menahan hara yang diberikan. Jenis media yang digunakan tidaklah sama di setiap daerah. Di Asia Tenggara misalnya, mulai tahun 1940 memkai media tumbuh berupa pecahan batu bata, moss, arang, sabut kelapa, juga batang pakis. Selain itu ada juga yang menggunakan serutan kayu (Redaksi Agromedia, 2007).

B. Sarana Penanaman
Sarana penanaman untuk menanam anggrek berupa pot dan penopang. Dalam hal ini, penopang sangat diperlukan agar anggrek tidak mudah rebah. Pot yang digunakan adalah pot tanah, pot plastik ataupun kotak kayu, sedangkan untuk penopang yang digunakan pada umumnya kawat atau bambu.

C. Penanaman
1. Menanam di dalam pot

  • Terlebih dahulu pilih pot yang cocok dengan tanaman anggrek. Pada umumnya di tanam pada pot kecil yang transparan, pot tanah, pot kayu atau pot plastik. Sebagai saran, lebih baik menggunakan pot transparan agar dapat mengontrol pertumbuhan akarnya.
  • Untuk media tanahnya, bisa menggunakan sabut kelapa, pecahan genteng, batu-
    bara, arang, kayu atau potongan pakis.Anggrek Bulan
  • Siapkan kawat atau bambu.
  • Siapkan bibit anggrek, bibit angrek dapat anda dapatkan di toko-toko pertanian. Biasanya terdapat bibit anggrek botolan yang daunnya sudah berukuran 1 cm dan akarnya sudah muncul 2 sampai 3 helai.
  • Selain bibit botolan, Anda juga dapat membeli bibit anggrek muda. Bibit ini ditanam di tray (wadah bibit anggrek, banyak di toko pertanian). Penanaman bibit muda pada pada tray bertujuan supaya bisa memindahkan bibit anggrek dengan mudah ke tempat-tempat yang disinari cahaya matahari di pagi hari. Penanaman ini dilaksakan selama 3 bulan.
  • Setelah semua media tanam yang dibutuhkan sudah tersedia, maka penanam sudah bisa dimulai. Untuk penanaman bibit anggrek botolan, bisa dilakukan dengan cara memindahkannya langsung pada pot dan usahakan jangan merusak helaian akarnya. Apabila anda ingin mengeluarkan bibit dari botol, anda dapat menggunakan kawat yang sudah dilengkungkan terlebih dahulu. Dan untuk penanaman bibit dari tray yang sudah berusia 3 bulan. juga bisa dipindahkan ke dalam pot berdiameter 15 cm dengan 3 sampai 5 tanaman.
  • Selanjutnya, pada 3 bulan berikutnya, lakukan tahapan repotting. Tahap repotting yang dimaksudkan yaitu dengan memindahkan tanaman-tanaman anggrek tadi ke ukuran pot yang lebih besar. Satu pot berisi satu tanaman anggrek.

2.  Menanam dengan cara ditempel

  • Tanaman anggrek adalah jenis tanaman hias rambat yang termasuk tanaman epifit, yaitu tanaman yang bisa hidup dengan cara menempelkan diri pada tanaman lain. Oleh karena itu, tanaman hias bunga anggrek bisa tumbuh dengan menggunakan media tanam pohon. Cara supaya tanaman hias bunga anggrek ini bisa tumbuh di pohon, yaitu dengan mengikat anggrek tersebut pada pohon dengan menggunakan tali plastik atau tali ijuk atau juga bisa tali rafia. Kemudian dengan sendirinya. anggrek akan beradaptasi dengan menjalarkan helaian-helaian akarnya ke permukaan pohon yang ditempelinya. Cara ini terbilang lebih mudah dari cara penanamannya di dalam pot.

D. PerawatanCara Merawat Bunga Anggrek.jpg

  1. PENYIRAMAN

Sama dengan tanaman lain, bunga anggrek juga perlu disiram supaya tidak mati karena mengalami kekurangan air. Air yang digunakan untuk menyiram bisa dari air ledeng, air sumur, atau air hujan. Tidak disarankan untuk menggunakan air yang telah tercampur dengan bahan kimia dan air kali karena kemungkinan mengandung zat hidup yang bisa mengganggu pertumbuhan anggrek.

Siramlah anggrek sesuai dengan cuaca yang lagi berlangsung. Saat iklim di lingkungan sedikit tinggi, maka tanaman anggrek dapat disiram minimal dua kali dalam sehari. Ketika musim penghujan, apabila Anda meletkkan anggrek di luar rumah, pindahkan ke dalam agar tidak terpericik air hujan hingga media tanam sangat basah dan memicu pembusukan akar.

2. BERIKAN SINAR MATAHARI

Tanaman anggrek membutuhkan sinar matahari untuk mendukung pertumbuhannya. Anda dapat menempatkan bunga anggrek pada area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Dengan mengatur seberapa terik sinar matahari yang mengenai tanaman, jadi tanaman anggrek tidak akan mengalami masalah baik dalam pertumbuhan maupun pemberian hasil berupa tampilan yang menarik.

3. LAMPU RUANGAN

Guna menjaga keindahan bunga anggrek, kebanyakan orang memilih untuk melakukan repotting atau pemindahan pot ke pot kaca atau pot plastik dengan diameter yang lebih besar serta pot yang bersih. Pada umumnya, mereka juga memindahkan pot tersebut ke dalam rumah. Permasalahannya, tanaman anggrek tetap membutuhkan asupan sinar matahari. Oleh sebab itu, untuk menanggulanginya, belilah lampu ruangan agar anggrek tetap terkena cahaya.

4. JAGA KELEMBABAN LINGKUNGAN TUMBUH DAN MEDIA TANAM

Bunga anggrek tergolong tanaman tropis yang dapat bertahan pada lingkungan yang cukup lembab. Tingkat kelembaban tanaman ini harus selalu dijaga agar bisa tumbuh dengan baik. Jangan biarkan tanaman mati hanya karena Anda lalai melakukan penyiraman atau memberikan pencahayaan pada tanaman. Sekedar saran agar kelembaban tetap terjaga pakai saja paranet (jaring peneduh tanaman), dijamin kelembaban bunga anggrek tetap terjaga.

# Baca juga Mengenal Apa Itu Paranet/Jaring Peneduh

5. BERIKAN PUPUK

Pupuk bisa menjaga tanaman tetap sehat serta tumbuh secara optimal. Pemberian pupuk anggrek tidak boleh sembarangan, takaran dan jenis pupuk yang diberikan perlu disesuaikan dengan kondisi tanaman. Untuk masalah ini, lebih baik Anda konsultasikan langsung ke mereka yang ahli atau ke toko pertanian tempat Anda membeli pupuk ataupun bibit anggrek.

Paranet 1.jpg

Kami menjual paranet baik lokal maupun import, bahan plastik (seperti rafia), warna hitam. Ukuran paranet rata-rata hampir sama yakni 3m x 100m. Tersedia paranet import dan lokal dengan kerapatan 60%, 65%, 75%, dan 85%.

Paranet/Jaring peneduh Import
– kualitas standart
– daya tahan pemakaian sekitar 2-3 tahun
– kerapatan 65% dan 85%
– ukuran 3m x 100m
Minimal order 5 roll. Untuk pembelian kurang dari 5 roll harus ambil barang sendiri di kantor. Untuk pengiriman ke ekspedisi minimal 5 roll.

Info Harga Paranet
Untuk info harga paranet silahkan klik DISINI.
Info lebih lanjut hub : 0852-3392-5564 / 08123-258-4950 / 0877-0282-1277
Tlp/Fax : (031)-8830487.